Iluvmyclass’s Weblog

DISKUSI IV.2 MENGENALI POTENSI DIRI

Posted on: September 7, 2008

Bapak/Ibu peserta MAP dari Babel.

Pagi ini saya sangat bahagia membaca tanggapan presentasi Pak Andri Wongso yang saya mail ke Bapak dan Ibu. Semangat Bapak dan Ibu terpancar dan terasa ada perasaan yang sangat bahagia dan ikhlas dari Bapak dan Ibu dalam menjalani hidup, termasuk kuliah. Ada memang beberapa yang masih formal, seperti hanya sekedar melaksanakan kewajiban. Namun most of you, telah menikmati proses hidup. Kemampuan menikmati setiap kondisi itulah kunci kesuksesan. Bapak Ibu sudah memandang hidup dan menjadi master dalam adm publik sebagai suatu target yang harus diraih, that good. Bukan suatu beban yang lengket di pundak. Seandainya semua PNS memiliki semangat dan pandangan serta filosofi hidup seperti Bapak dan Ibu, Indonesia akan lebih sejahtera dari sekarang. Saya yakin itu. Mhn semangat mengemban amanah tersebut dapat ditularkan  kepada staf dan pegwai lain di sekitar Bapak dan Ibu demi kesejahteraan bumi dan penghuninya. Bapak dan Ibu sudah menjadi master untuk diri sendiri, personal mastery.

Bahasan ini sengaja saya lontarkan untuk menyentak tidur kita yang mungkin sudah terlalu panjang karena beban pekerjaan dan rutinitas. Dan ternyata berhasil. Pada bagian akhir kuliah kita akan kita bahas tentang learning organization yang kunci utamanya adalah pada terbentuknya personal mastery (seperti yang disampaikan oleh Ibu Qory).

Nah sekarang silakan dibaca secara berurutan materinya. Silakan baca materi I dahulu ya. SAya tunggu kontak dari Bapak dan Ibu.

Jika Bapak dan Ibu memiliki bahan presentasi yang bagus untuk semua, silakan mail ke saya melalui forum ini, nanti akan saya distribusikan kepada mahasiswa lain.

Baik bapak dan Ibu selamat belajar dan bekerja. Makhluk Tuhan yang lain sudah menunggu sumbangan tenaga, pikiran, contoh, dan moral kerja dari Bapak dan Ibu yang kebetulan diberikan amanah untuk melayani makhluk Tuhan yang lain.

SAlam

Agus JP

BAHAN:


st1\:*{behavior:url(#ieooui) }
<!– /* Font Definitions */ @font-face {font-family:”Cambria Math”; panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:roman; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-1610611985 1107304683 0 0 159 0;} @font-face {font-family:Verdana; panose-1:2 11 6 4 3 5 4 4 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:swiss; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:536871559 0 0 0 415 0;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:””; margin:0in; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:”Times New Roman”,”serif”; mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;} .MsoChpDefault {mso-style-type:export-only; mso-default-props:yes; font-size:10.0pt; mso-ansi-font-size:10.0pt; mso-bidi-font-size:10.0pt;} @page Section1 {size:595.45pt 841.7pt; margin:1.0in 1.25in 1.0in 1.25in; mso-header-margin:.5in; mso-footer-margin:.5in; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} –>
/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin:0in;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Mengenali Potensi Diri!

07 Nov 2001 09:28 WIB


Pada dasarnya setiap manusia memiliki kekuatan dan potensi masing-masing. Tapi sampai saat ini masih banyak yang belum menyadari potensi di dalam dirinya sendiri. Padahal potensi setiap orang sangat menunjang kesuksesan hidupnya jika diasah dengan baik. Nah kalo pengin tau potensi diri anda, coba deh ikuti tipsnya:

Kenali diri sendiri
Coba buat daftar pertanyaan, seperti: apa yang membuat anda bahagia; apa yang anda inginkan dalam hidup ini; apa kelebihan dan kekuatan anda; dan apa saja kelemahan anda. Kemudian jawablah pertanyaan ini secara jujur dan objektif. Mintalah bantuan keluarga atau sahabat untuk menilai kelemahan dan kekuatan anda.

Tentukan tujuan hidup
Tentukan tujuan hidup anda baik itu tujuan jangka waktu pendek maupun jangka panjang secara realistis. Realistis maksudnya yang sesuai dengan kemampuan dan kompetensi anda. Menentukan tujuan yang jauh boleh aja asal diikuti oleh semangat untuk mencapainya.

Kenali motivasi hidup
Setiap manusia memiliki motivasi tersendiri untuk mencapai tujuan hidupnya. Coba kenali apa motivasi hidup anda, apa yang bisa melecut semangat anda untuk menghasilkan karya terbaik, dll. Sehingga anda memiliki kekuatan dan dukungan moril dari dalam diri untuk menghasilkan yang terbaik.

Hilangkan negative thinking
Enyahkan pikiran-pikiran negatif yang bisa menghambat langkah anda mencapai tujuan. Setiap kali anda menghadapi hambatan, jangan menyalahkan orang lain. Lebih baik coba evaluasi kembali langkah anda mungkin ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Kemudian melangkahlah kembali jika anda telah menemukan jalan yang mantap.

Jangan mengadili diri sendiri
Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dalam mencapai tujuan anda, jangan menyesali dan mengadili diri sendiri berlarut-larut. Hal ini hanya akan membuang waktu dan energi. Bangkit dan tataplah masa depan. Jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan bahan pelajaran untuk maju.

Kini anda sudah tau kan cara mengetahui potensi diri anda? Ingat, potensi anda adalah kekuatan anda untuk menggapai sukses. So, mulai sekarang ketahuilah dan galilah potensi diri anda. Semoga sukses..!

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: