Iluvmyclass’s Weblog

MATERI DAN TUGAS IV.2

Posted on: September 7, 2008

Tutorial Elektronik III

Materi Inisiasi

STRUKTUR ORGANISASI

Saudara, seringkali kita lihat orang menyusun suatu struktur organisasi hanya berdasarkan pengalaman orang tersebut dalam menyusun organisasi atau hanya mengikuti apa yang orang-orang lakukan. Sehingga struktur organisasi yang disusunnya seringkali tidak sesuai dengan kebutuhan organisasi. Bagi organisasi, struktur merupakan alat koordinasi utama. Di dalam suatu struktur organisasi tercermin adanya struktur komunikasi organisasi, struktur kewenangan dan pertanggungjawaban, pembagian pekerjaan, dan mekanisme koordinasi.

Untuk lebih memahami pembahasan tentang struktur organisasi

– Sumber bacaan utama materi 3 ini adalah buku Teori Organisasi (AJP) UNIT 3 dan buku Organisasi (GID) Bab 12, 13, dan 14.
– Jika Anda perhatikan kedua sumber bacaan wajib maka Anda akan menemukan bahwa pembahasan UNIT 3 isinya hampir sama dengan Bab 12 dan 14. Sedangkan Bab 13 merupakan pembahasan lebih lanjut dari desain organisasi. Namun demikian materi modul 3, bab 12, 13, dan 14 sesungguhnya sifatnya saling melengkapi.
– Untuk mengembangkan lebih lanjut pembahasan tentang struktur organisasi silakan Anda perdalam buku Organisasi (GID) Bab 13 yang membahas tentang Desain Pekerjaan.

Buku Bacaan Anjuran
1. Daft, Richard L. (1998). Organization theory and design. Ohio, South Western College.
2. Mintzberg, Henry. (1983). Structure in five; designing effective organizations. New Jersey, Prentice Hall.
3. Robbins, Stephen P.(et al). (1994). Organizational behaviour; concepts, controversies, and Applications. Sydney, Prentice Hall of Australia.
4. Savage, Charles M. (1990). 5th generation management. Digital Equipment Corp.

Saudara, persoalan utama dalam mendesain organisasi adalah menyusun keseimbangan antara komponen-komponen dasar organisasi dan elemen utama dari struktur. Misalnya, contoh ini menggunakan perspektif kontingensi, dalam suatu lingkungan yang dinamis, suatu organisasi ingin memperbaiki sistem layanan kepada masyarakat dengan membuka kantor-kantor pelayanan sampai ke desa-desa. Maka kemudian berbagai pertimbangan muncul ke permukaan. Pertimbangan tersebut di antaranya,
1. kewenangan apa saja yang akan didelegasikan kepada kantor pelayanan di desa,
2. apakah setiap kantor di desa akan diberikan kebebasan dalam menyusun struktur organisasi sendiri,
3. apakah standar kerja antar kantor di desa akan diseragamkan atau tidak,
4. apakah setiap kantor di desa memiliki jalur komunikasi langsung ke organisasi induknya,
5. dan sebagainya.

Untuk lebih memantapkan pengetahuan Anda tentang struktur organisasi diskusikan masalah diatas dengan rekan-rekan Anda dalam kelompok.

1 Response to "MATERI DAN TUGAS IV.2"

maulin karyadi
nim 015011613
UPBJJ Pekanbaru

Sebelum menjawab permasalahan ini, ingin saya sampaikan bahwa permasalahan efek struktur organisasi merupakan rencana penelitian saya pak,mohon bimbingannya nanti.

sinergi di dalam sub-sub sistem organisasi pemerintah sangat dibutuhkan di dalam merancang, membuat dan menghasilakn program yang menyangkut masalah pelayanan publik, pembangunan, dan pemberdayaan. sub-sub tersebut bekerja sesuai dengan delegasi tugas yang diberikan sesuai tupoksi. pada awal penempatannya tentulah dibuat sebuah struktur organisasi yang dipandang perlu sesuai dengan latar belakang daerah, sehingga sub-sub sistem yang bekerja nantinya tidak akan merasakan kecemburuan yang dapar melemahkan SDM dalam pelayanan masyarakat.

Saya akan mengambil salah satu contoh sub di dalam organisasi pemerintahan, yaitu Bagian Humas.
Humas sesuai dengan tupoksinya adalah bagian yang mengumpul, mengolah, selanjutnya mendiseminasikan informasi untuk konsumsi publik. di dalam melaksanakan tugasnya komunikasi organisasi sangatlah dibutuhkan di lingkungan internal organisasi, agar hal-hal yang menyangkut masalah pencitraan pemerintah dapat diexpose di tengah masyarakat.
Hal ini mengisyaratkan adanya sebuah proses komunikasi organisasi pemerintah sebagai pengelola kehidupan berbangsa, karena efektifitasnya akan selalu dinilai dalam pelayanan masyarakat. Sebuah organisasi dikatakan efektif apabila memiliki struktur organisasi yang tepat (Stephen P Robbins ; 1994). Melalui pendekatan sistem sebuah organisasi harus dinilai berdasarkan kemampuannya untuk memperoleh masukan, memproses masukan, menyalurkan keluarannya, mempertahankan stabilitas dan keseimbangan (Stephen P Robbins : 1994).
maka sebuah organisasi pemerintah yang ideal juga sangat dilihat dari pendelegasian tugas sampai kepada sub yang terkecil dalam organisasi. Seringkali sub terkecil bergerak sebagai pengerahan massa dan “tong sampah” atas tugas sub yang besar di atasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: