Iluvmyclass’s Weblog

materi inisiasi III.1

Posted on: September 7, 2008

Materi Inisiasi 1 MAPU 5103

Selamat berjumpa dan bergabung dalam Tuton pertama mata kuliah Metodologi
Penelitian Administrasi (MAPU 5103). Kami mengharapkan Anda saat ini
telah menguasai materi modul 1. Materi berikut ini hanya merupakan pengayaan atau

pelengkap modul 1 kegiatan belajar 4.

Ruang Lingkup Penelitian Administrasi

Untuk berhasil menjadi peneliti bidang administrasi, ada dua syarat yang harus dipenuhi. Syarat pertama, harus menguasai materi administrasi yang akan diteliti. Syarat kedua yaitu menguasai metodologi. Tanpa kedua syarat itu dipenuhi maka penelitian tidak akan berjalan atau berhasil. Dalam penelitian kualitatif/naturalistik penguasaan kedua aspek tersebut harus lebih mendalam karena dalam penelitian ini peneliti akan menjadi instrumen, yang berarti harus menguasai banyak materi/teori yang berkaitan dengan obyek (administrasi) yang diteliti. Dari segi metodologi, karena penelitian kualitatif menggunakan berbagai teknik pengumpulan data (trianggulasi) maka peneliti kualitatif harus lebih banyak menguasai berbagai teknik pengumpulan data.

Dalam penelitian kuantitatif peneliti tidak menjadi instrumen penelitian, tetapi menggunakan instrumen. Apabila membuat instrumen sendiri, maka peneliti dapat mengkonsultasikan kepada para ahli, hal ini dapat dilakukan di luar proses pengumpulan data. Dalam penelitian kuantitatif teknik pengumpulan data dapat menggunakan satu macam instrumen misalnya angket. Namun kesulitan yang sering ditemui adalah penggunaan analisis statistik kuantitatif.

Menurut Sugiono (2002) administrasi merupakan pranata sosial yang didalamnya terdapat berbagai disiplin ilmu yang saling berkaitan, misalnya sosiologi, psikologi, hukum, ekonomi, teknik, politik. Untuk itu sebenarnya ruang lingkup penelitian administrasi itu luas sekali. Namun dalam hal ini Anda lebih baik fokus pada ruang lingkup penelitian administrasi publik seperti yang telah dibahas dalam BMP MAPU 5103 karangan Dr. Prasetya Irawan, yang menjadi buku pegangan pokok/wajib Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: