Iluvmyclass’s Weblog

Materi INisiasi III.3

Posted on: September 7, 2008

Materi Inisiasi 3 MAPU 5103

Selamat berjumpa kembali dalam inisiasi 3 tuton mata kuliah Metodologi Penelitian Administrasi. Topik Inisiasi 3 adalah “Konsep Kunci dalam Kerangka Teoritik ” atau materi modul 3. Kami beranggapan Anda sudah membaca dengan teliti dan paham betul tentang topik konsep kunci dalam kerangka teoritik. Kompetensi yang harus Anda kuasai setelah mempelajari materi ini adalah mampu menjelaskan kerangka teoritik dalam penelitian. Waktu tuton ke 3 ini dimulai tanggal 31 Agustus sd 6 September 2008.

Kerangka Teoritik

Kerangka teoritik atau kerangka berpikir adalah penjelasan rasional dan logis yang didukung dengan data teoritis dan atau empiris yang diberikan oleh seorang peneliti terhadap terhadap variabel-variabel penelitiannya beserta keterkaitan antara variabel-variabel tersebut.

Bagian ini sering digabung dengan Review Literatur karena sangat erat hubungannya. Akan tetapi disarankan untuk dipisah karena kerangka teori merupakan suatu bagian yang dibangun dengan kreativitas tertentu. Mungkin si peneliti telah mengkompilasikan faktor-faktor yang secara teoritis berpengaruh terhadap gejala yang timbul dan mencoba memilih dari kompilasi tersebut, tetapi kadang-kadang justru peneliti mencoba menguji validitas suatu teori dengan memasukkan variabel baru sehingga model yang ditawarkan berbeda dengan model yang pernah ada.

Adapun beberapa pertanyaan penting yang dapat membantu menuntun si peneliti menyajikan bagian ini antara lain:

1. Bagaimana kesimpulan umum yang diambil dari review literatur berkenaan dengan aktor-faktor yang menjelaskan terjadinya gejala yang diteliti?

2. Apa kritikan anda terhadap teori dan hasil penelitian yang ada? Apakah semua faktor penting untuk diteliti, atau hanya dibatasi pada faktor tertentu saja? Apa alasannya? Apakah ada faktor baru? Dari mana faktor tersebut diperoleh dan apa alasannya mengikutsertakan faktor tersebut dalam penelitian yang anda ajukan?

3. Bagaimana kerangka pemikiran/model baru yang dibangun berdasarkan review literatur dan hasil kritikan atau bahasan anda, yang kemudian digunakan sebagai wujud sumbangan anda terhadap ilmu pengetahuan?

Manfaat kerangka teoritik adalah:

1. menjelaskan definisi operasional variabel penelitian kita;

2. menjelaskan pola hubungan antara satu dan lain variabel;

3. menentukan metodologi penelitian secara akurat;

4. menentukan metode analisis yang tepat;

5. menentukan cara penafsiran temuan secara objektif.

Kata kunci dalam kerangka teoritik adalah variabel. Variabel adalah sesuatu yang diteliti dan mempunyai variasi nilai. Tetapi variabel ini sering kali bersifat abstrak dan tidak segera dapat diukur dan dijadikan data. Karena itu variabel ini perlu diturunkan ke tingkat yang lebih konkret dan empiris. Hasil turunan inilah yang disebut indikator.

Bagi Anda yang masih belum paham betul materi ini, sekarang Anda harus membaca kembali maksud modul 3 ini dengan teliti sekali atau beberapa kali lagi (sampai Anda paham betul). Kemudian Anda dihimbau membaca dengan seksama literatur-literatur lain, yang membahas atau ada kaitannya dengan konsep kunci dalam kerangka teoritik, untuk memperkaya pemahaman Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: