Iluvmyclass’s Weblog

MATERI INISIASI IV.1

Posted on: September 7, 2008

Penjelasan umum

Saudara, Program MAP untuk mata kuliah Inovasi dan Perubahan Organisasi (4 SKS) disampaikandengan bahan ajar utama adalah bahan ajar cetak, dan didampingi oleh bahan ajar multimedia yang dikemas dalam compact disk (CD) dan tutorial yang dilakukan secara elektronik serta tatap muka. Bahan ajar cetak dan multimedia dapat Anda pelajari kapan saja, kemudian tutorial tatap muka dijadwalkan dilakukan sebanyak 4 kali, dan tutorial elektronik dijadwalkan dilakukan minimal sebanyak 8 sesi dengan jangka waktu yang ditentukan.

Tutorial melalui internet ini sifatnya wajib. Untuk mempermudah Anda dalam berpartisipasi dalam tutorial elektronik ini Anda perlu melakukan:
– Dengan menggunakan user-id dan password Anda masuklah ke web-site UT
– Pada kali kedua dan selanjutnya Anda membuka website ini, bacalah terlebih dulu bagian pengumuman untuk memperoleh informasi mengenai bacaan, artikel, tugas dan hal-hal lain yang perlu Anda lakukan.
– Anda sebaiknya mengakses website mata kuliah dengan teratur (beberapa kali dalam seminggu) supaya dapat dengan intens mengikuti diskusi dan memperoleh materi baru.
– Jika Anda memiliki masalah yang berhubungan dengan masalah akademis silakan hubungi tutor Anda di UPBJJ masing-masing atau ke Agus Joko Purwanto dengan alamat ajoko@mail.ut.ac.id

Deskripsi mata kuliah

Kegunaan
Saudara, mata kuliah Inovasi dan Perubahan Organisasi membahas tentang organisasi dari perspektif makro dan perspektif mikro. Organisasi pada perspektif makro berfokus pada pembahasan tentang organisasi dengan level/tingkat analisis makro yaitu organisasi secara keseluruhan seperli lingkungan organisasi, strategi organisasi, teknologi organisasi, dan budaya organisasi. Sedangkan pada perspektif mikro, fokus pembahasannya adalah pada perilaku individu dan kelompok, termasuk di dalamnya adalah kepemimpinan, dan motivasi. Dengan demikian, mata kuliah ini akan membahas organisasi secara keseluruhan. Ilmu yang mendasari organisasi dengan pendekatan makro adalah ilmu sosiologi, sedangkan ilmu yang mendasari organisasi pada perspektif mikro adalah ilmu psikologi. Sebenarnya, ada satu lagi pendekatan dalam mempelajari organisasi yaitu pendekatan analisis biaya transaksi. Analisis biaya transaksi didasarkan atas ilmu ekonomi. Dalam mata kuliah ini yang akan dibahas hanyalah organisasi yang didasarkan pada ilmu sosiologi dan ilmu psikologi.

Mata kuliah ini sangat relevan dengan Program Studi Administrasi Publik. Tugas utama administrator publik adalah sebagai pelaksana policy. Efektivitas pelaksanaan policy (policy implementation) sangat bergantung kepada kemampuan pada administrator dalam menyusun strategi, mengorganisasikan sumberdaya, memimpin tim kerja, dan melakukan pengawasan. Untuk itu, penguasaan atas teori-teori yang berhubungan dengan organisasi, baik aspek mikro maupun makro, bagi para administrator adalah sangat penting.

Perubahan lingkungan yang cepat dan kebutuhan akan informasi yang sedemikian tinggi serta semakin tingginya tuntutan masyarakat akan kualitas pelayanan yang tinggi menyebabkan setiap administrator harus mampu melakukan inovasi dan perubahan organisasi. Di samping itu, sebagai manajer dan anggota organisasi mereka juga dituntut untuk mampu melakukan adaptasi secara cepat terhadap perubahan lingkungan. Materi yang berkaitan dengan perubahan organisasi dan learning organization akan membantu pembaca dalam upayanya menjadi lebih adaptif terhadap perubahan.

Deskripsi

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang integratif, artinya merupakan gabungan dari mata kuliah S-1 dalam kurikulum ADPU UT yaitu Organisasi dan Manajemen, Kepemimpinan, Teori Organisasi, Perilaku Organisasi, dan Pengembangan Organisasi. Disamping integratif mata kuliah ini juga bersifat komprehensif. Melalui studi kasus yang harus dipecahkan oleh peserta, sifat integratif dan komprehensif dari teori-teori yang biasanya tersebar dalam beberapa mata kuliah kini mereka harus menggunakannya secara bersamaan. Fokus utama pembahasan mata kuliah ini adalah pada organisasi pada aspek makro, yaitu bagaimana pada administrator publik mampu mendesain organisasi dengan tingkat efektivitas yang tinggi. Untuk membekali peserta bagaimana mencapai efektivitas mata studi tentang perilaku organisasi juga akan dibahas secara mendalam.

Materi yang disajikan dalam bahan ajar Inovasi dan Perubahan Organisasi adalah pentingnya mempelajari organisasi, efektivitas organisasi, desain organisasi, lingkungan organisasi, teknologi organisasi, strategi organisasi, mengelola budaya organisasi, Perilaku di dalam organisasi, proses organisasi, mengelola perubahan organisasi, dan transformasi menuju learning organization.

Tujuan instruksional umum mata kuliah
Peserta mampu mengevaluasi efektivitas organisasi publik

(Silakan diperhatikan kompetensi yang diharapkan setelah Anda lulus MK MAPU 5104 ini. Perhatikan kata mengevaluasi, artinya setelah selesai mengikuti MK ini diharapkan Anda dapat mengevaluasi efektivitas organisasi publik. Untuk itu keterampilan Anda dalam melakukan penelitian/riset akan sangat membantu. Keterampilan yang dituntut pada setiap Bab tidak sama. Perhatikan tujuan instruksional di bawah ini.Proses belajar, tugas, dan ujian akan mengacu pada keterampilan yang diharapkan Anda kuasai)

Tujuan instruksional khusus mata kuliah
Setelah selesai mengikuti kuliah, peserta diharapkan mampu :
1. menjelaskan pentingnya mempelajari organisasi,
2. mengukur efektivitas organisasi dengan berbagai pendekatan,
3. mendesain organisasi yang efektif,
4. menganalisis perilaku individu dalam organisasi,
5. menganalisis perilaku kelompok dan pengaruh antar pribadi,
6. mengevaluasi proses organisasi,
7. mendesain strategi perubahan organisasi,
8. mendesain konsep perubahan organisasi menuju learning organization.

Buku Wajib
1. Gibson, J.L., Ivansevich,J.M., Donnelly,J.H. (1993). Organisasi; perilaku, struktur, dan proses (jilid 1 dan 2). Jakarta, Erlangga. (kode GID).
2. Kotter, John. P. (1997). Leading change; menjadi pionir perubahan. (terjemahan). Jakarta, Gramedia Pustaka Utama. (kode JPK)
3. Purwanto, Agus J., dkk. (2000). Teori organisasi. Jakarta, Universitas Terbuka. (kode AJP)

Buku Bacaan Anjuran
1. Bainbridge, Colin (1996). Designing for change. New York, John Wiley and Sons.
2. Barton, Dorothy L. (1995). Wellsprings of knowledge. Boston, Harvard Business School.
3. Berger, Lance A., and Sikora, Martin J. (1994). The change management handbook. Chicago, Irwin.
4. Choo, Chun Wei, (1998). The knowing organization. New York, Oxford University.
5. Daft, Richard L. (1998). Organization theory and design. Ohio, South Western College.
6. Garvin, David A. (2000). Learning in action. Boston, Harvard Business School.
7. Kaplan, Robert S., and Norton, David P. (1996) The balanced scorecard. Boston, Harvard Business School.
8. Mintzberg, Henry. (1983). Structure in five; designing effective organizations. New Jersey, Prentice Hall.
9. Nonaka, Ikujiro, and Takeuchi, Hirotaka, (1995). The knowledge creating company. New York, Oxford University.
10. Robbins, Stephen P.(et al). (1994). Organizational behaviour; concepts, controversies, and Applications. Sydney, Prentice Hall of Australia.
11. Savage, Charles M. (1990). 5th generation management. Digital Equipment Corp.
12. Senge, Peter M. (1990). The fifth discipline. New York, Currency Doubleday.
13. Senge, Peter M., (et.al). (1995). The fifth discipline fieldbook. London. Nicholas Bradley.
(Anda dapat membaca dari sumber-sumber lain baik buku, majalah, ataupun bahan-bahan yang sangat banyak tersedia di internet)

TUGAS

Petunjuk mengerjakan tugas
– Saudara mahasiswa, sebelum mengerjakan tugas sebaiknya Anda terlebih dahulu membaca dengan seksama Buku Panduan Belajar MAPU 5104 beserta dengan buku teks wajib dan buku anjurannya serta bacalah dengan seksama bahan ajar multimedianya.
– Setelah itu kerjakan tugas-tugas Anda. Soal dan petunjuk mengerjakan tugas disampaikan secara online.
– Agar Anda lebih mengetahui jawaban-jawaban latihan sebaiknya Anda selalu menggunakan tutel ini sebagai wahana untuk melaksanakan diskusi secara on line, baik dengan tutor Anda maupun dengan rekan.
– Pembahasan materi tutorial elektronik dan tugas secara teratur dan terjadwal akan dilakukan oleh tutor Anda, sehingga Anda pun harus secara teratur membuka website.
– Tutor Anda sewaktu-waktu akan meminta Anda untuk mengunduh (download) materi dari internet dengan program Acrobat Reader. Untuk itu sebaiknya Anda perlu menginstall program tersebut dalam komputer Anda.

Selamat belajar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: