Iluvmyclass’s Weblog

diskusi IV.6

Posted on: September 8, 2008

Temen2 peserta MAPU

Saya posting satu artikel sebagai tips mingguan yang berkaitan dengan pembahasan kita. Cobalah ditempat kerja Anda, dan silakan berikan komentar. Semoga bermanfaat ya.

salam

AJP

bhn:

<!– /* Font Definitions */ @font-face {font-family:”Cambria Math”; panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:roman; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-1610611985 1107304683 0 0 159 0;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:””; margin:0in; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:”Times New Roman”,”serif”; mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;} .MsoChpDefault {mso-style-type:export-only; mso-default-props:yes; font-size:10.0pt; mso-ansi-font-size:10.0pt; mso-bidi-font-size:10.0pt;} @page Section1 {size:8.5in 11.0in; margin:1.0in 1.0in 1.0in 1.0in; mso-header-margin:.5in; mso-footer-margin:.5in; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} –>
/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin:0in;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Prinsip ROAR Untuk Sukses dan Puas

07 Peb 2002 11:44 WIB


Banyak teori yang mengajarkan seseorang untuk mencapai sukses. Mungkin Anda sendiri pun sampai bingung teori mana yang akan Anda praktekkan. Memang, kesuksesan merupakan mimpi hampir semua orang. Sehingga banyak jalan yang bisa Anda tempuh menuju sukses.

Tapi kesuksesan seperti apa yang Anda inginkan? Apakah jika telah sukses lalu Anda puas? Belum tentu…! Karena umumnya, ukuran kesuksesan itu tidak terbatas. Jika sukses di satu bidang, belum tentu Anda sukses di bidang lain. Sehingga selalu saja ada hal yang mengganjal atau membuat Anda tidak puas. Meski demikian, selalu ada cara untuk mencapai keduanya, kesuksesan dan kepuasan.

Sigmund G. Ginsburg penulis sebuah buku tentang manajemen memiliki resep untuk mencapai kesuksesan sekaligus kepuasan. Ia menawarkan prinsip ROAR untuk mencapai tujuan tersebut:

Responsibility (tanggung jawab)
Anda perlu memiliki tanggung jawab untuk mencapai kesuksesan yang Anda inginkan. Menurut Sigmund, Anda memerlukan tanggung jawab yang menantang dan menggelitik. Dalam arti, tanggung jawab itu harus memberikan peluang bagi perkembangan dan proses belajar Anda. Tanggung jawab ini juga harus bisa mendorong ketrampilan dan kemampuan Anda ke tingkat yang lebih baik.

Organization (organisasi)
Organisasi merupakan hal penting dalam menunjang kemampuan Anda mengorganisir kegiatan, staf, prioritas, dan waktu Anda sehingga Anda cukup efektif dan efisien dalam mencapai tujuan. Di luar unit Anda sendiri, serta di luar departemen, atau divisi Anda, Anda harus memperhatikan organisasi secara keseluruhan.

Perlu Anda ketahui, seberapa penting tanggung jawab yang Anda pikul bagi organisasi? Apakah ada pembagian tanggung jawab secara logis dan rasional dalam organisasi atau apakah pekerjaan dan tanggung jawab diorganisir dengan cara yang akan merintangi pengambilan keputusan, menciptakan konflik, dan mengurangi efektivitas?

Authority (wewenang)
Tanggung jawab Anda dan organisasi mungkin dapat memenuhi harapan tertinggi Anda, tetapi sering terjadi bahwa wewenang Anda untuk mencapai tujuan tidaklah jelas, tidak dirumuskan, atau tidak memadai. Buku teks manajemen seringkali membicarakan pentingnya memiliki wewenang yang sesuai dengan tanggung jawab, tetapi di banyak organisasi hal ini nyaris tidak pernah terjadi.

Pada dasarnya, untuk sukses Anda perlu memiliki kemampuan, pengaruh, dan wibawa untuk bisa meyakinkan, mempengaruhi, membujuk, dan bekerja sama dengan orang lain. Bila diperlukan, Anda bisa meminta orang lain menanggapi kebutuhan-kebutuhan Anda, gagasan dan pengarahan Anda. Anda pasti tidak ingin terlalu sering mengangkat tongkat wewenang Anda bukan? Tetapi jika Anda memerlukannya, tongkat wewenang itu harus sudah ada di tangan Anda.

Resources (sumber daya)
Anda perlu memiliki kualitas dan kuantitas sumber daya yang tepat. Anda bisa saja menjadi manajer terpandai, paling keras bekerja, kreatif, kharismatik dan berpeluang menjadi pemimpin perusahaan. Tetapi jika untuk satu atau lain alasan, sumber daya yang memadai tidak Anda miliki di saat yang diperlukan, Anda pun ditakdirkan gagal.

Orang yang kurang mampu akan gagal lebih cepat, karena manajer yang paling mampu pun bisa mengalami kegagalan. Jadi, sebelumnya Anda harus memiliki komitmen yang sangat jelas tentang sumber daya yang tersedia bagi Anda sekarang, dalam jangka pendek, maupun jangka panjang untuk mencapai tujuan-tujuan yang sudah ditentukan. Sumber-sumber daya yang memadai itu meliputi dana operasional dan dana modal, kualitas dan kuantitas staf dengan mekanisme yang tepat serta fasilitas-fasilitas yang mendukung.

Nah, apakah Anda telah mencoba prinsip di atas? Jika belum, coba deh prinsip ROAR tersebut. Jika Anda menjalankannya dengan benar, maka peluang untuk sukses dan puas pun semakin besar. Sehingga Anda mampu mengaum (roar) dengan lebih dahsyat. Anda setuju…?

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: